-
-
0
komentar
Manajemen pemasaran
Manajemen Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan
untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan
Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep
pemasaran merupakan suatu hal yang
penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan
tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga
sangat berkaitan dengan pemasar.
Keinginan merupakan suatu hal yang
diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik
oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana
untuk bisa memuaskan konsumen serta
dapat memajukan perusahaannya.
Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran
Pasar merupakan konsumen
pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang
berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan
suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran
agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Bauran Pemasaran (marketing mix)
1.
Definisi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran
dalam memenuhi target pasarnya.
2.
Empat variabel bauran pemasaran
Bauran pemasaran memiliki empat
variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and
place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel
bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang
dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau
dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang
harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur
dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka
konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan
saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus
dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk
program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan
untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat
sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada
saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa
dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.